Loading...
Semua orang pasti suka makan. Bahkan ada yang bisa dikatakan, bahwa makan makan merupakan hobi bagi beberapa orang.

Kali ini kita akan bermain ke Medan. Kota yang menjadi Ibu Kota Sumatera Utara ini ternyata bukan hanya terkenal dengan sejarah kerajaan Melayu Deli-nya saja. Namun kota ini juga memiliki keragaman kuliner yang tak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Khasanah kuliner di kota Batak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Berbagai macam makanan dan minuman yang bisa kalian nikmati pastinya akan memanjakan lidah. Dengan cita rasa yang berbeda dibandingkan kuliner di daerah lain.

TurisKampung.Com telah merangkum 10 tempat kuliner yang patut kalian singgahi bila berkunjung ke Kota Medan.

1. Kedai Kopi Apek

Kopi_Apek
Kopi Apek Medan (turiskampung.com)
Berbeda dengan kedai kopi lainnya. Keda Kopi Apek merupakan kedai kopi tertua dan populer di Medan. Dari mulai didirikan tahun 1922, kedai kopi terletak di Jalan Hindu 37 ini masih mempertahankan cita rasa kopinya sampai sekarang. Kabarnya, kenikmatan kopi di sini terletak pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air hingga teknik mengaduk harus dilakukan dengan tepat. Bagi anda pecinta kopi, belum afdol rasanya jika belum mencicipi kopi mantap di Kedai Kopi Apek ini.


2. Restoran Tip Top

Restaurant_Tip_Top
Restaurant Tip Top Medan (turiskampung.com)
Bagi orang Medan sudah tidak asing lagi dengan restoran yang satu ini. Namanya Restoran Tip Top. Awal mula berdiri, restoran ini berlokasi di Jalan Pandu, dengan nama Retoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Namun , pada tahun 1934 restoran berpindah ke Jalan Kesawan dan namanya pun ikut berganti menjadi Restoran Tip Top.

( BACA JUGA : Restoran Tip Top Medan )


3. Sate Padang Al-Fresco

Sate_Padang_Al_Fresco
Sate Padang Al Fresco (turiskampung.com)

Kedai Sate Padang Al-Fresco ini berlokasi di Jln. Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka mulai pukul 19.00 WIB - 22.00 WIB. Sate Padang yang ini sangat istimewa. Penyajian sate dengan taburan keripik singkong pedas, sehingga perpaduan citarasa gurih, pedas, dan suara kriuk-kriuknya akan menambah selera makan kalian. Maka jangan lewatkan Sate Padang yang satu ini jika anda ke Kota Medan.



4. Merdeka Walk (Lapangan Merdeka)

Merdeka_Walk_Medan
Merdeka Walk Medan (turiskampung.com)
Bagi kalian pecinta kuliner malam hari, Merdeka Walk atau yang lebih populer disebut Lapangan Merdeka oleh masyarakat Medan ini sangat wajib anda kunjungi. Tempat ini merupakan kawasan hiburan malam dan tempat wisata kuliner di Medan yang terbesar. Merdeka Walk sangat ramai di malam hari dan menjadi tempat ratusan orang di Medan untuk berkumpul atau sekedar bersantai. Terdapat 30 outlet kuliner dan 700 bangku yang disediakan untuk pengunjung yang datang. Berbagai kuliner lezat pun bisa kalian cicipi disini, mulai dari soto, lontong sayur, sushi, steak sampai sop buntut.

5. Kedai Durian Ucok

Kedai_Durian_Ucok
Kedai Durian Ucok Medan (turiskampung.com)
Medan sangat lekat dengan buah duriannya. Durian Medan sangat terkenal dengan dagingnya yang legit dengan sedikit sensasi rasa pahit yang menggoda lidah. Di Medan sangat banyak yang menjual durian Medan ini. Salah satunya yang terkenal adalah Kedai Durian Ucok.

Kedai Durian Ucok yang terletak di Jalan Wahid Hasyim, sebelumnya di Jalan Iskandar Muda, merupakan tempat penjualan durian yang paling laris di Medan. Kedai ini buka pada malam hari sampai menjelang pagi, Dalam semalam, Kedai Durian Ucok mampu menjual 6.000-7.000 buah durian.

6. Soto Kesawan "Enak Tenan"

Soto_Kesawan_Medan
Soto Kesawan "Enak Tenan" Medan (turiskampung.com)
Terletak di daerah kota lama Kesawan, tepatnya di Rumah Makan Soto Kesawan Enak Tenan di Jalan Ahmad Yani No. 116. Kalian akan menemukan soto yang berbeda dan wajib kamu cicipi. Keunikan soto di sini yaitu menggunakan udang galah berukuran besar yang digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah soto saat penyajian. Sesuatu yang mungkin tak kamu temukan di soto-soto lain.

7. Rumah Makan Tabona

Berbagai Kari RM. Tabona Medan (turiskampung.com)
Rumah Makan ini terletak di Jalan Mangkubumi, Medan. Tempat wisata kuliner ini menyediakan sajian beragam kari lezat mulai dari bihun kari, kari ayam, kari daging kambing sampai kari daging sapi.  Rumah makan yang beroprasi mulai pukul 06.30 sampai 16.30 ini selalu ramai, terutama saat jam makan siang karena berada di kawasan perkantoran.

8. Mie Ayam Kumango

Mie_Ayam_Kumango
Mie Ayam Jamur Kumango Medan (turiskampung.com)
Tidak seperti mie ayam pada umumnya. Mie tipis kenyal dengan perpaduan irisan daging ayam, jamur serta taburan tauge, sawi dan bawang goreng bisa jadi membuat kamu ketagihan. Menikmati mie ayam jamur spesial ini rasanya belum komplit tanpa kopi susu tradisional yang juga tersedia di sini.

9. Soto Rumah Makan Sinar Pagi
Soto_Sinar_Pagi
Soto RM. Sinar Pagi Medan (turiskampung.com)
Kembali keseputar soto di Medan. Bagi kalian penggemar soto, silakan singgah ke Rumah Makan Sinar Pagi yang berada di Jalan Sei Deli. Rumah  makan ini punya menu andalan soto yang memiliki cita rasa berbeda, dengan kuah santan kental dan kaya rempah yang disajikan bersama potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan sambal kecap. Bagi kalian yang kurang menyukai soto bersantan, di sini juga tersedia soto ayam yang tak kalah nikmatnya.

10. Kuliner Jalan Semarang
Jalan_Semarang
Jalan Semarang Medan (turiskampung.com)
Eh.. kita masih di Medan Bukan Semarang loh...
Semarang adalah sebuah nama jalan di Kota Medan. Jalan Semarang adalah daerah pecinan yang pada siang hari merupakan sentra penjualan onderdil kendaraan. Namun pada malam hari, kawasan sepanjang 200 meter ini berubah menjadi pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit oleh masyarakat Medan. sejak tahun 1960-an, kawasan ini telah populer sebagai salah satu pusat hiburan di kota Medan. Pasar malam mulai aktif pada pukul 18.00 hingga pukul 01.00. Berbagai menu makanan dan minuman dapat kamu cicipi di sini, mulai dari sate sampai martabak. Salah satu menu favorit di sini adalah nasi bebek Hainan.

Itu tadi 10 tempat kuliner pilihan di Kota Medan. MANTAP KALI BAH...!!


Post a Comment Blogger

  1. wah saya suka postingan anda! jadi pengin kesana juga deh. ohya anda bisa mengunjungi Pariwisata Indonesia untuk melihat referensi pariwisata lainnya. Terima Kasih

    ReplyDelete

 
Top