Loading...

Ini Medan Bung.. Kreak Ko, Ku Bikin Retak Dada Ko Itu

bahasa-orang-medan-turis-kampung
Kota Medan
Kota Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Sebagian masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan, memiliki bahasa sehari-hari yang terbilang unik dan mungkin bagi pendatang dari luar Medan atau luar Sumatera Utara menjadi bingung jika mendengarnya. Seandainya jika kamu orang pendatang yang berasal dari luar Medan, istilah-istilah atau bahasa yang kamu gunakan didaerahmu mungkin akan bermakna lain bagi orang Medan.

Berikut ini merupakan beberapa istilah orang medan yang mungkin akan membuat gagal faham (gak nyambung) kalau orang luar daerah datang ke Sumatera Utara dan berbicara dengan orang Medan :

1. KERETA
Bagi orang Medan kereta adalah sebutan untuk sepeda motor. Jadi, jika misalnya kamu ingin naik kereta api saat berada di Medan, jangan sekali-sekali kamu hanya mengatakan "kereta.." kepada orang Medan. Bisa-bisa kamu akan disiapkan sepeda motor beserta helmnya, dan siap untuk touring.

2. PAJAK
Dan sebaliknya, seandainya ada orang Medan yang berkunjung ke daerah lain. Lalu bertanya "di mana pajak yang dekat sini..?". Jika anda menunjukkan kantor pajak dan dia bengong, anda tidak salah. Memang itulah yang benar dalam bahasa Indonesia.
Namun, bagi orang Medan, pajak yang dimaksudkan adalah pasar atau tempat orang-orang berjualan.

3. PASAR
Kalau kamu main ke Medan jangan pernah bilang "saya mau jalan-jalan ke pasar, bisa antarkan saya". Maka kamu akan diantarkan ke jalan lintasan di depan rumah. Di Medan, pasar itu maksudnya jalan besar atau jalan aspal. Bukan hanya itu, orang Medan juga akan menyebut Jalan Raya atau Jalan Aspal dengan sebutan Pasar Itam. Mungkin karena warna jalannya hitam karena dibangun dengan bahan aspal.

4. MINYAK LAMPU
Di medan untuk mengatakan minyak tanah adalah "Minyak Lampu" dan listrik padam adalah "Mati Lampu". bingung kan?? ha ha ha.. ini Medan bung... jangan disama-samain sama tempat lain.

5. IKAN
Di Medan mengatakan lauk itu "Ikan" jadi kalau mau bilang lauk tongkol ya ikan tongkol, yang paling aneh untuk bilang lauk ayam banyak orang Medan menyebutnya "Ikan ayam" jadi Ikan dalam pengertian orang Medan adalah segala jenis lauk mau itu lauk apapaun di depannya tetap diawali dengan ikan.. wkwkwkkwk (sebahagian tetap pakai kata daging sih.. tapi kebanyakan pakai kata ikan di depannya).

Post a Comment Blogger

  1. Rindu awak bahh sama medan country hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. datanglah bang. udah mantap sekarang Medan bah (o)

      Delete

 
Top