Loading...
danau-toba
Danau Toba, Sumatra Utara (sumber : wikipedia)
Danau Toba merupakan sebuah danau tekto-vulkanik berukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba memiliki daya tarik tersendiri, sehingga selalu membuat para wisatawan ingin mengunjungi danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara. Mulai dari keindahan pemandangannya hingga budaya Suku Batak yang sangat kental bisa kita temui di sini.

Di sekitar pinggiran Danau Toba terdapat beberapa pantai pasir yang memiliki suasana dan pemandangan indah masing-masing. Ini dia berikut 3 diantaranya, pantai pasir yang menjadi favorit wisatawan di pinggir Danau Toba.

1. Pantai Lumban Silintong


Pemandian Lumban Silintong terletak di Desa Lumban Silintong, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Pantai yang satu ini masih menjadi tempat favorit wisatawan karena pemandangan dan kejernihan airnya yang masih terjaga.

Secara keseluruhan, pinggiran Danau Toba saat ini tidak semuanya memiliki air yang jernih. Ini diakibatkan oleh pembuangan limbah dan tumbuhan eceng gondok yang tumbuh dipinggiran danau. Beruntungnya pantai Danau Toba yang dipenuhi batu besar ini bisa mempertahankan kualitas airnya yang jernih dan suasana yang masih akan memanjakan pengunjungnya.


2. Pantai Lumban Bulbul


Pantai ini menjadi ikon pantai di tengah keindahan pemandangan Danau Toba dengan pemandangan perbukitan dan pepohonan hijau membentang.

Dari pantai yang berlokasi di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir ini kita bisa melihat pemandangan apik Danau Toba dari sudut yang berbeda. Pantai ini juga menjadi satu-satunya pantai berpasir putih di kawasan Balige yang mulai dilirik wisatawan lokal dan luar kota karena memiliki fasilitas yang lengkap, antara lain restoran, pondok, fasilitas permainan anak-anak seperti ayunan, plosotan hingga papan loncat di pinggir pantainya, dan sewa ban, sanpan hingga pelampung yang bisa dijadikan pelengkap saat menikmati liburan dipantai ini.

3. Pantai Pasir Putih Parbaba


Pantai Pasir Putih Parbaba di Desa Hutabolon, Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir ini menjadi ikon pantai di tengah keindahan pemandangan Danau Toba.

Hal yang unik dari pantai ini adalah warna pasirnya yang sedikit kehitaman di pinggir danaunya.

Keindahan Pantai Parbaba tidaklah jauh berbeda seperti pantai di laut. Bahkan lebih indah karena akan terasa lengkap dengan pemandangan Danau Toba yang memang terkenal dengan perbukitan dan pemandangan hijau membentang serta udara perbukitan yang sejuk.


Itulah tadi 3 pantai yang menjadi favorit wisatawan saat mengunjungi objek wisata Danau Toba.
Jadi jika biasanya kamu hanya menikmati pantai di pinggir laut, tak ada salahnya mencoba suasana pantai pasir putih di pinggir danau dengan air tawar yang bersih dan kedalamnnya yang dangkal.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment Blogger

 
Top