Loading...

Banyak hal yang dapat dijadikan contoh bagi seorang manusia untuk belajar lebih dalam mengenai kasih sayang dan hubungan. Biasanya seseorang akan belajar hal tersebut melalui apa saja yang diamatinya dari lingkungan sekitar. Namun, sesungguhnya terdapat lebih banyak inspirasi dari alam semesta untuk mempelajari cinta tersebut, tidak terkecuali dari perilaku hewan-hewan ini.

1. Selalu kembali ke pasangan


Burung Albatross

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Animal Behaviour Journal menyebutkan bahwa burung albatross sering melakukan perjalanan ke tempat yang cukup jauh. Namun sejauh apa pun perjalanan yang dilakukan, albatross akan tetap kembali ke pasangannya ketika sudah tiba waktunya untuk meneruskan keturunan. Hubungan yang dilakukan oleh seekor burung albatross dengan pasangannya ini terjadi seumur hidup. Dari burung ini kita dapat belajar mengenai bagaimana melakukan hubungan jarak jauh yang benar.

2. Selalu bersama pasangan


Owa

Pelajaran selanjutnya dapat dipetik dari gibbon atau owa, salah satu jenis kera dengan ukuran yang cukup kecil. Selama masa hidupnya, hewan ini tidak pernah melakukan sesuatu atau berada dalam kondisi sendirian. Hubungan yang dijalani oleh owa akan selalu terjadi selama hidupnya dan hampir tidak pernah ada hewan ini yang berada dalam kondisi sendiri.

3. Setia pada satu pasangan


Jerapah

Pelajaran mengenai kesetiaan terhadap pasangan dapat dipelajari oleh manusia dari jerapah. Selama masa hidupnya, jerapah hanya akan setia dengan satu pasangan. Selain itu jerapah juga sering sekali menunjukkan rasa cintanya terhadap pasangan dengan cara saling melingkarkan diri di leher. Cara ini digunakan untuk menunjukkan rasa cinta dan perhatian yang dimiliki oleh jerapah.


4. Romantisme


Penguin

Dalam membuat hubungan yang sehat dan menyenangkan, manusia perlu banyak belajar dari pinguin. Dalam kehidupan sehari-hari, pinguin sering sekali berbicara dan bermain dengan satu sama lain yang membantu menghangatkan hubungan cinta mereka. Penguin jantan juga sering memberi hadiah terhadap betinanya dan sering melakukan perjalanan bersama.


5. Kesetiaan sampai mati


Angsa

Angsa merupakan hewan yang sering berduaan dengan pasangan mereka dan menunjukkan perasaan cinta yang dimiliki. Sering sekali ditemui angsa yang sedang berduaan dan membuat lambang cinta dari gabungan bentuk kepala mereka yang bertemu. Selain itu yang lebih luar biasa adalah kesetiaan angsa yang tidak akan mencari pasangan lain lagi walau telah ditinggal mati.


6. Berbagi tugas rumah tangga


Burung Nazar

Mungkin secara penampilan dan makanan, burung nazar bukanlah sebuah lambang cinta yang menawan. Tetapi dari kehidupan burung ini dapat diambil sebuah hal yang sangat bermakna dalam hubungan cinta. Burung nazar memiliki sebuah pembagian yang luar biasa dalam mengerami telur dan mempersiapkan sarang. Cara yang ditunjukkan burung nazar ini merupakan hal yang harus ditiru oleh manusia dalam kehidupan rumah tangganya.


Perilaku hewan hewan di atas dapat kita petik menjadi pelajaran tentang kasih sayang dan cinta yang dapat menjadi inspirasi kita untuk saling menyayangi. Semoga bermanfaat...

Post a Comment Blogger

 
Top