Loading...
Papan Selamat Datang Air Terjun Samporan Efrata, Kab. Samosir, Sumatera Utara

Air Terjun Samporan Efrata merupakan salah satu objek wisata yang berada di Pulau Samosir. Air terjun yang cukup menawan ini berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Air terjun Efrata mempunyai ketinggian sekitar 100 meter yang mengalir dari kawasan hutan Tele menuju Danau Toba.

Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya yang tidak jauh dari jalan. Wisatawan hanya cukup turun tangga yang memakan waktu sekitar 10 menit, dan keindahan air terjunnya yang deras dan memiliki tebing yang indah seperti dipahat sudah bisa kita temui.

Sayangnya, tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung meskipun pada musim liburan, mungkin karena jaraknya cukup jauh dari objek wisata yang lebih populer di Samosir yakni Danau Toba. Mereka biasanya lebih cenderung menyambangi Tomok dan Tuktuk. Namun, bagi para pecinta wisata alam, tempat ini merupakan objek wisata yang tidak akan dilewatkan saat berkunjung ke Samosir.

Dengan keadaan rute yang harus ditempuh menuju Sampuran Efrata tidak terlalu mulus, terlalu banyak tikungan dan jalan berbatu membuat wisatawan harus cukup berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya. Tapi jangan khawatir, karena jalannya bisa ditempuh dengan kendaraan sepeda motor dan mobil, sudah banyak perumahan penduduk serta papan petunjuk menuju lokasi air terjun Efrata ini, jadi tidak perlu khawatir akan tersesat.

Untuk saat ini wisatawan yang berkunjung, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Cukup membayar uang parkir sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam air terjun Efrata sepuasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top