Loading...
Danau Lau Kawar berada di kawasan ekosistem Leuser di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sekitar 70 Km dari Kota Medan, atau dengan waktu tempuh 3 jam untuk menuju kawasan danau yang pastinya akan membuat kagum setiap orang yang melihatnya.

danau-lau-kawar

Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah bila ingin mencapai danau ini, mengingat lokasinya yang berada di kaki Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.451 meter diatas permukaan laut. Tidak hanya itu, jalan harus dilalui pun berkelok-kelok dan menanjak. Jadi harus cukup berhati-hati untuk menuju kawasan Danau Lau Kawar ini. Namun bagi para wisatawan yang memang suka tantangan, hal tersebut akan menjadi sangat menyenangkan. Apalagi banyak alternatif angkutan umum menuju lokasi. Menariknya, dalam perjalanan menuju lokasi, para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan pemandangan persawahan yang terhampar luas nan hijau di kanan kiri jalan dan desa-desa yang masih asri serta pesona Danau Lau Kawar yang eksotik.

Setibanya di kawasan Danau Lau Kawar, para wisatawan akan disediakan lahan seluas 3 hektar, atau biasa disebut camping ground untuk mendirikan tenda bagi yang ingin menikmati bermalam di sekitar danau. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar pengunjung Danau Lau Kawar ini adalah para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Sinabung dan bermalam di Danau Lau Kawar yang tenang.

Pihak pengelola objek wisata Danau Lau Kawar juga telah membuat pagar pembatas di sekeliling area camping ground untuk mencegah wisatawan tercebur ke dalam danau.

Untuk memasuki kawasan Danau Lau Kawar ini, saat ini pihak pengelola hanya mengenakan tarif masuk sebesar Rp. 2500 / orang. Pengunjung juga bisa menyewa tenda dengan tarif Rp. 5.000 / tenda. Cukup murah untuk bisa menikmati keindahan alam Danau Lau Kawar yang elok. Namun, bagi pengunjung yang tidak terbiasa menginap di tenda, penduduk sekitar juga telah menyediakan penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam dengan tarif mulai dari Rp. 25.000 / malam.

Untuk urusan perut juga jangan khawatir, di sekitar danau juga banyak warung-warung makanan milik penduduk yang disediakan untuk para pengunjung yang merasa lapar dan ingin bersantai setelah kelelahan berkeliling menikmati keindahan Danau Lau Kawar.

danau-lau-kawar

Berbagai fasilitas dan hiburan juga telah disiapkan untuk para wisatawan Danau Lau Kawar ini. Pengunjung yang ingin berkeliling di atas perairan Danau Lau Kawar dengan perahu yang hanya di kenakan tarif Rp. 10.000 / orang. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan alam beserta kekayaan flora dan fauna di sekitar danau yang masih terjaga keasriannya. Dan khusus untuk pengunjung yang hobi memancing, telah disediakan fasilitas pemancingan disekitar pinggiran danau. Penduduk di sekitar danau juga banyak yang hobi dan sering memancing di lokasi itu.


Keelokan pemandangan alam sekitar danau serta kesejukan udara pegunungannya membuat siapa saja yang menyambangi lokasi wisata Danau Lau Kawar ini menjadi betah dan ingin berlama-lama menikmatinya. Wisata ke Danau Lau Kawar merupakan pilihan alternatif objek wisata alam yang tepat dan cocok untuk kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan.



Post a Comment Blogger

 
Top