Loading...
Siapa lagi yang tak kenal dengan singkong. Singkong atau sering juga disebut ubi kayu ini, tentu sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. Secara tradisional, singkong sangat diminati sebagai pengganti dari makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia yaitu nasi. Bukanlah suatu kesalahan, dikarenakan singkong memang mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik. Dalam perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam penganan, atau diambil patinya untuk berbagai macam keperluan.

Seperti halnya dengan ubi jalar, singkong juga sangat tinggi mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Singkong menyediakan Energi sebesar 160 Kcal, jumlah Karbohidrat 38.06 g, Protein 1,36 g 2,5, Total Lemak 0.28 g, Kolesterol 0 mg, dan Serat 1,8 g. Berikut kandungan gizi  per 100g singkong mentah menurut USDA (United States Department of Agriculture).

Berbagai macam olahan makanan berbahan singkong sudah sangat sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari singkong goreng, singkong rebus, kolak singkong, keripik singkong, dan sebagainya. Masih banyak lagi kreasi olahan makanan berbahan dasar singkong yang pernah kita temui.

Apa jadinya jika singkong diolah menjadi Donat Singkong yang sangat lezat? Sebagian orang mungkin sudah tahu dan pernah mencicipinya. Bagi kamu yang penasaran dengan Donat Singkong ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Bahan-bahannya juga cukup mudah didapat, caranya juga tidak terlalu rumit loh. Ini dia..


Bahan :

  1. 300 gram, Singkong (terserah jenis apa, asal tidak beracun). Kukus hingga matang, lalu lumatkan.
  2. 2 butir, telur ayam
  3. 2 sendok teh, ragi instan (untuk pengembang). Atau bisa dengan bahan pengembang kue lain.
  4. 500 gram, gula pasir.
  5. 1 sendok makan, air yang bersih (menggunakan air matang lebih baik).
  6. 150 gram, tepung terigu.
  7. 25 gram, tepung maizena.
  8. 2 sendok makan, susu bubuk.
  9. vanilli, secukupnya.
  10. Minyak goreng, secukupnya.
  11. Mentega, secukupnya.
  12. Macam-macam taburan. Bisa dengan keju, meses ceres, gula halus, parutan coklat, dan sebagainya.

Cara Membuat Donat Singkong :


  • Kocok telur hingga mengental. Lalu masukkan gula pasir, ragi/pengembang kue, dan air. Aduk sebentar hingga semua bahan tercampur merata.
  • Tambahkan singkong yang sudah dihaluskan tadi ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur merata.
  • Masukkan tepung terigu, maizena, susu, dan vanilli. Sambil terus diaduk sampai semua bahan tercampur dan teksturnya memungkinkan siap untuk dibentuk.
  • Bentuk adonan donat tadi dengan tangan yang sudah dilumuri sedikit dengan tepung. Hal ini dilakukan agar adonan tidak lengket ditangan. Bentuk bulat menjadi bulat gepeng.
  • Letakkan pada wadah seperti piring yang juga sudah di taburi tepung, agar tidak lengket. Lakukan teknik membentuk donat, hingga semua adonan terbentuk. Kemudian, diamkan hingga ± 30 menit.
  • Setelah ± 30 menit, Siapkan minyak di penggorengan, lalu panaskan.
  • Bila minyak sudah cukup panas, goreng donat hingga matang.
  • Setelah matang, tiriskan donat agar kandungan minya agak berkurang.
  • Lalu olesi permukaan donat dengan sedikit mentega serta taburi dengan taburan sesuai selera.


Catatan : Teknik membuat lubang ditengah donat juga bisa dilakukan saat menggoreng. Caranya, begitu donat yang masih berbentuk bulat gepeng dimasukkan ke dalam minyak yang telah dipanaskan,tusukkan bagian tengahnya dengan sumpit, lalu lakukan gerakan seperti memutar hingga donat berlubang.

Begitulah Cara Membuat Donat Singkong. Mudah kan? Selamat mencoba..


Post a Comment Blogger

 
Top